Kendali Posisi Pid Pada Panel Surya Single Axis

Authors

  • Muhammad Syarifuddin Universitas Telkom
  • Agung Surya Wibowo Universitas Telkom
  • Wahmisari Priharti Universitas Telkom

Abstract

Pemanfaatan energi matahari dalam pembangkitan energi listrik telah banyak dilakukan dengan menggunakan panel sel surya, namun Panel sel surya yang terpasang selama ini masih bersifat statis yang mengakibatkan panel surya tidak dapat menangkap cahaya matahari secara maksimal dan energi listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Untuk mengatasi keterbatasan pada panel sel surya yang statis, maka pada penelitian tugas akhir ini merancang panel sel surya yang dapat digerakan mengikuti pergerakan matahari.

Kata kunci— Solar tracker, Kendali PID, Panel Surya.

References

Sidik, Yogi Ghifari,MuhammadZakiyullahRomdlony,and Bandiyah SriAprilia.

Murti, Brojo Wisnu. 2021.

Larustan Christian EfendyTumanggor, https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/148651/slug/rapid-protoyping-pi-antiwindup

menggunakan simulatorhill.html.[Diakses29Desember 2019]

Cekmas Cekdin. Sistem Teknik Kendali. Penerbit: Andi, 2015

Pahlevi,Reza.SuryaBerdasarkan

Yuwono, Budi. Panel Surya.Diss=.

Akmal, Farhan Maulana,Porman Pangaribuan, andEdwar Edwar. "DesainDan Implementasi Sistem Pengontrol Sikap SatelitMenggunakan Sensor Mems."eProceedings of Engineering 6.2, 2019.

PVEducation,

Dharmagita, I. Made Hery, Sony Sumaryo, and Agung Surya Wibowo."Implementasi Kontrol Posisi Antena Wi-fi Dengan MetodePid."eProceedings of Engineering 6.2, 2019.

Aprillia, B. S., Zulfahmi, M. R., & Rizal, A. (2019). Investigasi Efek PartialShading Terhadap DayaKeluaran Sel Surya. JurnalElektro dan Mesin Terapan, 5(2), 9-17.

Darmanto, Darmanto, S. T. Muchammaad, and Eflita IrYohana.

Septian,Evan Dwi.

Cekmas Cekdin. Sistem Teknik Kendali. Penerbit : Andi, 2015.

Darussalam, Rudi, et al. "Pengaturan Arah Azimuth dan Sudut Tilt PanelPhotovoltaic untuk Optimalisasi Radiasi Matahari, Studi Kasus: Bandung Jawa Barat". Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).Vol. 5,2016.

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro