Pemantauan Dan Notifikasi Kondisi Tanah Pada Tanaman Menggunakan Platform Iot

Authors

  • Fachrul Nazif Universitas Telkom
  • IG Prasetya Dwi Wibawa Universitas Telkom
  • Achmad Rizal Universitas Telkom

Abstract

Kualitas pada tanah untuk menanam suatu tanaman memiliki peran penting agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik, untuk menanam suatu tanaman perlu mengetahui kualitas tanah yang sesuai untuk penanaman tanaman tersebut. Terdapat sifat-sifat yang dapat menentukan kualitas pada tanah yaitu sifat kimia tanah yang meliputi suhu, pH tanah, kelembaban dan NPK (Nitrogen, Phosphat dan Kalium). Penelitian ini bertujuan untuk membuat monitoring prediksi tanah terhadap tanaman sehingga pengguna dapat menerima informasi mengenai kondisi kualitas tanah tanaman melalui aplikasi android. Sistem ini mendeteksi pH tanah, suhu, kelembaban, dan NPK yang terdapat pada tanah dan prediksi tanaman yang dikirimkan melalui firebase dan di tampilkan di aplikasi yang dibuat menggunakan kodular. Pengujian QoS Throughput mendapatkan rata-rata 33,81 kbps dengan indeks 4, Packet loss mendapatkan rata-rata 0 dengan indeks 4, delay mendapatkan rata-rata 142,12 ms dengan indeks 4, dan jitter mendapatkan ratarata 141,584 ms dengan indeks 1 versi THIPHON. Dilakukan survei mengenai tampilan dan kepusan pengguna dalam menggunakan aplikasi kesuburan tanah dengan rentang nilai 1(sangat jelek) hingga 5 (sangat bagus). Hasil akhir dari pengujian ini berupa data pemantauan unsur tanah dan prediksi tanaman yang ditampilkan melalui aplikasi.

Kata kunci— Internet of things, Firebase, Kodular, Unsur tanah, aplikasi.

References

Widiatmaka, Mediranto. A, Widjaja. H. Klasifikasi Tanah, dan Pertumbuhan Tanaman Jati JATI (Tectona grandis Linn f.) Var. UnggulanNusantara di Ciampea,Kabupaten Bogor. 2015.

Abdillah, Ikhsan.Rancang Bangun Alat Purwarupa Rekomendasi Tanaman Sayuran Berdasarkan PH Dan Jenis Tanah Berbasis Iot. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2019.

Mardika, Ardeana Galih, and Rikie Kartadie. "Mengatur kelembaban tanah menggunakan sensor kelembaban tanah yl-69 berbasis arduino pada media tanam pohon gaharu." JoEICT (Journal of Education And ICT) 3.2 (2019).

Caesar Pats Yahwe. 2016. Rancang Bangun Prototype Sistem Monitoring Kelembaban Tanah Melalui SMS Berdasarkan Hasil Penyiraman Tanaman

Mustika, Tasya Nurul Safira. POTENSI CENDAWAN RHIZOSFER PADA TEGAKAN JABON MERAH PROVENANS SIDRAP DALAM MELARUTKAN UNSUR HARA FOSFAT, NITROGEN, DAN KALIUM.Diss. Universitas Hasanuddin, 2022.Ahmad U. Karakteristik Mutu Biji Jarak Pagar Selama Penundaan Pengeringan.

Arta, I. Kadek Cahyadi, et al. "Animal Tracking Berbasis Internet of things."

Mulyono, Tri, and Pratyaksa Ocsa Nugraha Saian."Perancangan Sistem Aplikasi Tracking Pendukung Touring Secara Real Time Menggunakan Firebase Berbasis Android (Studi Kasus Komunitas Motor Trigramyama Salatiga)." JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 8.2 (2021): 450-464.[8] Muyasir,Muyasir,

"PERANCANGAN and Rahmat APLIKASI Musfikar.MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN WEB KODULAR." JINTECH: Journal Of Information Technology 3.1 (2022): 22-28.

Turangga, Satria, and Yudhistira Arie Wijaya. "ANALISIS INTERNET MENGGUNAKAN PARAMATER QUALITY OF SERVICE PADA ALFAMART TUPAREV 70." JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 6.1 (2022): 392-398.

Purnawan, Peby Wahyu, and Yuni Rosita. "Rancang Bangun Smart Home System Menggunakan NodeMCU Esp8266 Berbasis Komunikasi Telegram Messenger." Techno. Com 18.4 (2019): 348-360.

Utami, Priska Restu. "Analisis Perbandingan Quality of service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (Isp) Indihome Dan First Media." Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa 25.2 (2020): 125-137.

F. R. Rivai, M. M. T. Rendy, and U. Sunarya,

Skad, Candra, and Reza Nandika. "Perancangan Alat Pakan Ikan Berbasis Internet of Thing (IoT)." Sigma teknika 3.2 (2020): 121-131.

Kaltim, B. P. T. P. "Manfaat Unsur N, P, dan K Bagi Tanaman." Tersedia dari http://kaltim. litbang. pertanian.go.id/ind/index.php (2015).

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro