Analisi dan Perancangan Arsitektur Perusahaan Menggunakan Kerangka Kerja TOGAF ADM 9.2 pada Unit Procurement Management PT. XYZ

Penulis

  • Wan Tufahati Fahira Telkom University
  • Ari Fajar Santoso Telkom University
  • Dhata Praditya Telkom University

Abstrak

Implementasi teknologi informasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi organisasi atau perusahaan untuk mengembangkan teknologi informasi mereka sendiri menjadi kompleks. Namun, tidak semua perusahaan mampu melaksanakan dan mengembangkan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satunya yaitu PT. XYZ yang merupakan anak perusahaan dari Telkom Metra (Telkom Group) dan, bergerak pada jasa penyedia layanan pembayaran digital terkemuka di Indonesia. Dalam mendukung kegiatan perusahaan, diperlukan adanya dukungan dari semua fungsi bisnis termasuk dukungan dari proses pengadaan barang dan jasa yaitu pada Unit Procurement Management. Namun, pada fungsi tersebut masih terdapat beberapa kendala, yaitu: proses pengadaan barang dan jasa masih dilakukan secara manual sehingga data belum terintegrasi. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibutuhkan keselarasan strategi teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan Enterprise Architecture (EA) agar tercapai kesesuaian antara kebutuhan bisnis dan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan PT. XYZ. Dalam perancangan Enterprise Architecture (EA), penelitian ini menggunakan TOGAF ADM versi 9.2. Penggunaan TOGAF ADM dipilih karena sifatnya open source dan hasil dari perancangan ini menghasilkan blueprint yang memberikan gambaran umum usulan solusi untuk mendukung strategi teknologi informasi dan strategi bisnis di Unit Procurement Management PT. XYZ.

Kata kunci— Enterprise architecture, Framework, TOGAF ADM, Blueprint

Referensi

Briggs, B., Foutty, J., & Hodgetts, C. (2016). Innovating in the Digital Era.

Andry, J. F., & Suryadi. (2017). PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGUNAKAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD (STUDI KASUS: YAKUZA GYM JAKARTA BARAT). 2.

Lankhorst. (2005). Beyond Enterprise Architecture.

Wartika, & Iping Supriana. (2011). ANALISIS PERBANDINGAN KOMPONEN DAN KARAKTERISTIK ENTERPRISE ARCHITECTURE FRAMEWORK.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-27

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi