Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (perilaku Ocb) Karyawan Kantor Distribusi Pt Pln (persero) Distribusi Jawa Barat Dan Banten

Syahrizal Siregar, Arif Partono Prasetio

Abstract

Kualitas layanan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan perusahaan agar mampu bersaing di dunia bisnis. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki Organizational Citizenship Behavior tinggi, yang akan memberikan usaha maksimal bahkan melebihi harapan perusahaan. Kepuasan Kerja dan Komitmen organisasi diyakini sebagai dua hal penting yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior seseorang. Tingginya absensi dan keterlambatan karyawan menunjukkan bahwa adanya indikasi masalah kepuasan kerja dan komitmen organisasi karyawan. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior di Kantor Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dari total 252 karyawan dengan menggunakan rumus slovin. Analisis regresi berganda dan analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Kami Berharap penelitian ini akan memberikan dampak positif bagi PT PLN khususnya tentang kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior. Penelitian ini menekankan pentingnya Organizational Citizenship Behavior seorang karyawan untuk menciptakan layanan perusahaan yang berkualitas. Jika seluruh karyawan perusahaan merasa puas dalam bekerja dan memiliki komitmen terhadap perusahaan, maka karyawan akan menunjukkan Organizational Citizenship Behavior yang baik, dan akan berdampak pada peningkatan kualitas layanan perusahaan.

Kata Kunci: Bisnis, Kualitas Layanan, Organizational Citizenship Behavior, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Regresi Berganda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0