Pengaruh Stres Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Tetap (Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat)

Odetta Levelina, Tarcisius T Sipayung

Abstract

Motivas i kerja dapat diperngaruhi oleh faktor-faktor s tres kerja, diantaranya lingkungan, organis as i dan kepribadian. Faktor-faktor s tres  kerja ters ebut akan diras akan oleh hampir s eluruh pegawai yang bekerja pada s uatu  organis as i  baik  perus ahaan  maupun  ins tans i  pemerintahan,  tidak  terkecuali  Dinas  Komunikas i  dan Informas i Jawa  Barat  (Dis kominfo  Jabar).  Dis kominfo  Jabar merupakan  s alah s atu lembaga teknis  pemerintah yang menangani bidang teknologi komunikas i dan informas i.

Penelitian  ini dirancang untuk dapat mengetahui pengaru h faktor-faktor s tres kerja baik s ecara langs ung maupun   tidak  langs ung   terhadap  motivas i  kerja  pegawai  di  Dis kominfo  Jabar.  Metode  penelitian   yang digunakan  adalah analis is jalur, dengan teknik s urvey dimana kes eluruhan  populas i dijadikan objek penelitian dalam rentang waktu cross sectional. Pengujian hipotes is penelitin dilakukan dengan menngunakan uji F untuk pengaruh  s imultan  dan uji t untuk pengaruh pars ial. Data diperoleh menggunakan ins trumen penelitian berupa kues ioner yang beris i daftar pernyataan u ntuk mengukur tanggapan res ponden terhadap variabel penelitian.

Has il penelitian  menunjukkan  bahwa terdapat pengaruh  pos itif yang kuat dan s ignifikan  antara faktor - faktor s tres kerja terhadap motivas i kerja pada pegawai tetap Dis kominfo Jabar dengan bes ar pers entas e 68,5%. Dari ketiga  faktor s tres  kerja yang diteliti, faktor s tres  kerja organis as i menjadi faktor s tres  kerja yang paling dominan  dengan pers entas e 41,3%. Faktor-faktor lain s is anya s ebes ar 31,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan  dalam penelitian  ini. Berdas arkan has il penelitian  ters ebut dapat diketahui bahwa jika s tres kerja dikelola dengan baik maka motivas i akan meningkat  s ejalan dengan peningkatan s tres kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0