Peranan Karakteristik Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Pakaian Melalui Instagram

Gilang Paradis Caraka, Indira Rachmawati

Abstract

Pertumbuhan industri pakaian, teknologi internet dan  media  sosial  sebagai alat  pemasaran memiliki pengaruh yang besar bagi para pemilik usaha online untuk mengetahui seberapa besar karakteristik konsumen dan psikologi konsumen dalam mempengaruhi keputusan pembelian kembali yang  dilakukan oleh  konsumen. Dengan  mengetahui seberapa besar  pengaruh tersebut,  maka  para pengusaha pakaian dapat dengan mudah mengetahui dan mengambil langkah strategis untuk menarik konsumen dengan strategi pemasaran yang tepat, dan sesuai dengan trend, kondisi, waktu dan persaingan industri pakaian yang ada saat ini.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen, psikologi konsumen, keputusan pembelian kembali dan sejauh mana peranan karakteristik dan psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian kembali produk pakaian melalui instagram.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif   dari jenis penelitian kausal atau sebab-akibat dengan teknik sampling yang digunakan yaitu convienience sampling dari matode non-probabilitas sampling dengan responden sebanyak 385 orang, dimana responden tersebut merupakan orang – orang yang sebelumnya pernah melakukan pembelian produk pakaian melalui instagram. Penelitian ini memperoleh hasil dari regresi linier berganda dimana karakteristik dan psikologi konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kembali Fhitung >Ftabel (84,174>3,03). Secara parsial baik karaktristik konsumen maupun psikologi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kembali. Berdasarkan nilai koefisien determinasi dapat diketahui bahwa karakteristik dan psikologi  konsumen  memiliki  kontribusi  sebesar  30,6%  terhadap  terjadinya  keputusan  pembelian kembali produk pakaian melalui isntagram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0