Pengaruh Word Of Mouth Communication Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Ponsel Android (Studi Kasus Di Bandung)

Silvana Adinda, Listyo Dwi Harsono

Abstract

Ponsel Android merupakan salah satu smartphone yang populer pada saat ini sejak awal kemunculannya. Penjualan smartphone ini pun kian meningkat sehingga menarik perhatian produsen- produsen lain baik dari luar maupun lokal untuk ikut memproduksi ponsel Android. Untuk menghadapi persaingan ini, para produsen ponsel Android pun perlu menerapkan beberapa startegi bisnis baru seperti word of mouth communication (WOMC). WOMC merupakan salah satu alternatif dalam komunikasi pemasaran yang dapat mempengaruhi sikap pembelian seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth communication terhadap proses keputusan pembelian ponsel Android di Bandung.

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  jenis  penelitian  desain  riset  kausal. Populasi dalam penelitian ini ialah pengguna ponsel Android di wilayah Bandung dengan pengambilan sampel menggunakan non-probabilitas dengan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 115 orang responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa WOMC berpengaruh terhadap proses  keputusan  pembelian  konsumen dengan  persamaan Y  =  1,912  +  0,626X. Variabel X mengacu pada WOMC dan variabel Y mengacu pada proses keputusan pembelian. Setelah data diolah, dihasilkan nilai (r) sebesar 0,931 dimana nilai ini tergolong sangat kuat. Kontribusi pengaruh WOMC terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen sebesar 86,7% dan sisanya 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji signifikansi uji-t menunjukkan terdapat hubungan antara word of mouth communication dan proses keputusan pembelian ponsel Android di Bandung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0