Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum Dan Sesudah Menggunakan E-commerce (studi Kasus: Pt. Ace Hardware Indonesia, Tbk Pada Situs E-commerce Resmi Ruparupa.com)

Authors

  • Azkhiya Permata Julia Telkomuniversity
  • Hendratno Hendratno Telkomuniversity

Abstract

Abstrak

Dinamika perilaku masyarakat dalam berbelanja kini berubah dan semakin beragam. Kemajuan teknologi mendorong setiap sektor usaha untuk terus berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan kebutuhan yang sangat cepat. Dunia jual beli online atau e-Commerce telah banyak mengubah landskap bisnis ritel offline. Perlahanlahan, banyak dari perusahaan ritel itu beralih ke e-Commerce. Tak terkecuali Kawan Lama Retail grup yang menaungi ritel Ace Hardware, Informa, dan juga Toys Kingdom. Dari ketiga perusahaan itu, salah satu perusahaan besar yang merupakan pionir dan pusat perlengkapan rumah dan gaya hidup terlengkap, yaitu PT. ACE Hardware Indonesia (AHI) terus berinovasi dan terus meningkatkan jumlah penjualan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan perbedaan profitabilitas yang ditimbulkan oleh penerapan e-Commerce. Berdasarkan peningkatan laba, penelitian ini dikaitkan dengan rasio profitabilitas perusahaan yang diantaranya adalah NPM, ROE, dan ROA. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan periode triwulanan tahun 2012 (triwulan 4) sampai dengan 2019 (triwulan 3). Periode April 2016 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena pada periode tersebut perusahaan mulai menerapkan e-Commerce. Pengujian data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji hipotesis komparatif.

Kata kunci : e-Commerce; rasio profitabilitas; uji hipotesis komparatif

Abstract

The dynamics of people's behavior in shopping are changing and increasingly diverse. Advances in technology encourage each business sector to innovate and adapt to changing needs very quickly. The world of buying and selling online or e-Commerce has greatly changed the landscape of the offline retail business. Gradually, many of the retail companies turned to e-Commerce. Kawan Lama Retail Group that houses Ace Hardware, Informa, and Toys Kingdom retail, of the three companies, one of the large companies which is a pioneer and the most complete home and lifestyle equipment center, namely PT. ACE Hardware Indonesia (AHI) continues to innovate and increase the number of sales by provide the customer’s need. This study is to determine how significant the difference in profitability is caused by the application of e-Commerce. Based on the increase in profits, this research is associated with the company's profitability ratios including NPM, ROE, and ROA. The data used in this study are the financial statements 2012 (quarter 4) until 2019 (quarter 3), because in April 2016 the company began to implement e-Commerce. Data testing conducted in this study is a comparative hypothesis test.

Keywords: e-Commerce; profitability ratio; comparative hypothesis test

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)