Pengaruh Endorsement Melalui Mediasi Pleasure Dan Arousal Terhadap Purchase Intention Pada Pengiklanan Makanan Di Sosial Media Instagram

Authors

  • Audrey Stellarosi Telkomuniversity
  • Nurvita Trianasari Telkomuniversity

Abstract

Abstrak Saat ini, penggunaan Instagram berkembang secara pesat menyebabkan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kuliner berusaha memanfaatkan media ini untuk memasarkan produknya. Salah satu cara untuk memasarkan produk di media sosial Instagram adalah dengan menggunakan endorsement. Endorsement pada produk makanan umumnya menggunakan selebriti Instagram (Selebgram) atau menggunakan food blogger Tanboy Kun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh endorsement terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi pleasure dan arousal pada pengiklanan produk makanan menggunakan Selebgram dan food blogger. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 400 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini menyatakan endorsement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention, sementara variabel mediasi pleasure dan arousal memiliki pengaruh negatif terhadap purchase intention. Secara keseluruhan, endorsement dengan menggunakan Selebgram memiliki dampak yang lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan food blogger untuk pengiklanan makanan di Instagram. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan Selebgram terbukti lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan food blogger untuk pengiklanan makanan di Instagram, maka dari itu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner dapat menggunakan Selebgram untuk mengiklankan produk mereka di sosial media Instagram.

Kata Kunci: arousal, endorsement, pleasure, purchase intention

Abstract Nowadays, the use of Instagram is growing rapidly causing companies engaged in the culinary field are trying to use this media to market their products. One way to market products on Instagram social media is to use endorsements. Endorsements on food products generally use Instagram celebrities (celebrity) or using food blogger Tanboy Kun. The purpose of this study is to find out how endorsement influences purchasing decisions through pleasure and arousal mediation variables in advertising food products using selebgram and food bloggers. This research uses quantitative methods with a sample of 400 respondents. The analytical method used is the Structural Equation Modeling method. The results of this study stated that endorsement has a positive and significant influence on purchase intention, while the pleasure and arousal mediation variables have a negative effect on purchase intention. Overall, endorsement by using Celebrity has a more effective impact compared to using food bloggers for food advertising on Instagram. Based on the results of the analysis, the use of selebgram has proven to be more effective compared to the use of food bloggers for food advertising on Instagram, therefore companies engaged in culinary can use selgram to advertise their products on Instagram social media.

Keywords: arousal, endorsement, pleasure, purchase intention

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)