Pengaruh Reputasi Kap, Ukuran Perusahaan Klien, Dan Prior Opinion Terhadap Penerimaan Opini Audit Modifikasi Going Concern (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2013)

Nadya Anggraini, Leny Suzan

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  menguji  pengaruh  reputasi  KAP,  ukuran  perusahaan  klien,  dan  prior opinion terhadap penerimaan opini audit modifikasi   going concern. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2007-2013. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian adalah 224 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi logistik.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern, (2) ukuran perusahaan klien tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern, dan (3) prior opinion tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern. Berdasarkan dari hasil uji secara simultan, ditemukan bahwa reputasi KAP, ukuran perusahaan klien, dan prior opinion berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern sebesar 83,4%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0