ANALISIS PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT, PERGANTIAN AUDITOR DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Subsektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)

Yuristi Amitha Totong, Majidah Majidah

Abstract

Integritas laporan keuangan merupakan penyajian secara wajar, jujur, serta menunjukkan informasi yang tidak bias. Laporan keuangan sebagai media informasi yang digunakan pengguna dalam mengambil keputusan harus disajikan bertintegritas dan dapat diandalkan agar tidak penyesatkan penggunanya dalam pengambilan keputusan. Penyajian laporan keuangan yang berintegritas dikaitkan dengan prinsip pertimbangan sehat (prudence) sebagai reaksi kehati-hatian dalam menghadapi ketidakpastian bahwa risiko dalam lingkungan bisnis sudah cukup dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance (kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit), kualitas audit, pergantian auditor dan financial distress terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 secara simultan maupun parsial. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan sebanyak 109 data sampel penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik. Dalam penelitian ini, variabel mekanisme corporate governance (kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit), kualitas audit, pergantian auditor dan financial distress berpengaruh simultan terhadap integritas laporan keuangan. Namun, komite audit, kualitas audit dan financial distress tidak berpengaruh signifikan terhadap integritas laporan keuangan.

Kata kunci: Integritas Laporan Keuangan, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit, Pergantian Auditor, Financial Distress

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0