FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR PROPERTI & REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018)

Authors

  • Nurhalimah Syafri Telkom University
  • Dedik Nur Triyanto Telkom University

Abstract

Laporan keuangan menyediakan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan bagi pemakai laporan keuangan. Relevansi laporan keuangan akan mempengaruhi pengambilan keputusan pemakai laporan apabila disajikan secara akurat dan tepat waktu. Ketepatan waktu penyajian laporan keuangan dapat dilihat dari masa audit delay perusahaan, yaitu perbedaan waktu antara tanggal diterbitkannya laporan audit dengan tanggal penutupan tahun buku. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan laba perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah audit delay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan laba perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan jasa sub sektor properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Periode 2016-2018. Sampel penelitian ditentukan oleh metode purposive sampling sehingga memperoleh 120 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis ini menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan laba perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap audit delay pada perusahaan jasa sub sektor properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Laba Perusahaan, dan Audit Delay.

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Akuntansi