FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK ( Studi kasus pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom, Kabupaten Bandung Tahun 2020)

Andre Ilham Effendi, Sri Rahayu

Abstract

Pemilihan karir adalah suatu proses yang dilakukan secara terus-menerus sampai orang tersebut menemukan kecocokan antara kegaitan dan minat yang ada dalam dirinya. Dalam memilih karir akan melakukan pertimbangan-pertimbangan antara faktor-faktor yang mempengaruhi terdiri dari penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja dan profisionalitas terhadap minat menjadi akuntan publik. Namun masih sedikit yang melamar menjadi akuntan pulik sedangkan pemegang gelar akuntan termasuk cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris secara simultan maupun simultan mengenai pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial, dan nilai instrinsik dalam berkarir sebagai akuntan publik (Studi kasus Mahasiswa Akuntansi pada Universitas Telkom Kabupaten Bandung). Penelitian ini berdasarkan tujuan termasuk penelitian deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Akuntansi di Universitas Telkom. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 109 responden di distribusikan secara langsung kepada mahasiswa akuntansi dan kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa secara simultan variabel pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial, dan nilai intrinsik pekerjaan berpengaruh terhadap karir menjadi akuntan publik. Pertimbangan pasar kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap karir menjadi akuntan publik. Penghargaan finansial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap karir menjadi akuntan publik. Nilai intrinsik pekerjaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap karir menjadi akuntan publik. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi atau rujukan bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti mengenai halhal yang berpengaruh terhadap karir menjadi akuntan publik seperti pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial dan nilai intrinsik pekerjaan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lainnya, seperti Profesional Kerja, Peneliti selanjutnya sebaiknya dapat penelitian Universitas Negeri di Bandung.

Kata Kunci: Pemilihan Karir, Akuntan Publik, Mahasiswa Akutansi, Pertimbangan Pasar Kerja, Penghargaan Financial, dan Nilai Intrinsik Pekerjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0