PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMITE AUDIT, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

Alkillah Silmy, Dudi Pratomo, Ardan Gani Asalam

Abstract

Manajemen Laba merupakan tindakan yang dilakukan pihak principal yang memperngaruhi informasiinformasi dalam laporan keuangan dengan sengaja untuk mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Kepemilikan Institusional, Komite Audit dan Komisaris Independen terhadap Manajemen Laba. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu Firm Size, Leverage, dan Profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2017. Sampel yang digunakan sebanyak 11 sampel dengan 44 jumlah data perusahaan melalui metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dokumentasi dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian statistik deskriptif dan analisis regresi data panel menggunakan software eviews versi 10 . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional, komite audit dan komisaris independen secara simultan berpengaruh dan mampu menjelaskan manajemen laba sebesar 96,39% dan 3,61% dari variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Variabel independen yaitu kepemilikan institusional dan komite audit secara parsial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, dan komisaris independen berpengaruh posiitf terhadap Manajemen Laba. Variabel Kontrol Firm Size dan Leverage berpengaruh secara negatif dan simultan terhadap manajemen laba, namun profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Kata Kunci: Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen, Firm Size, Leverage, Profitabilitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0