PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2018)

Shahfira Yassmien, Muhamad Muslih

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility penting untuk diungkapkan oleh pihak perusahaan karena informasi tersebut akan menjadi bukti bahwa perusahaan telah menjalankan aktivitas tanggung jawab sosialnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Studi ini dilakukan pada 8 perusahaan sektor pertambangan yang ditentukan dengan metode purposive sampling dengan periode tahun 2013- 2018, menggunakan metode Analisis Regresi Data Panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Secara parsial profitabilitas dan leverage berpengaruh kearah negatif, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0