PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Siti Yasyfa Fitria, Dedik Nur Triyanto

Abstract

Salah satu kewajiban dari sebuah perusahaan adalah untuk melaporkan laporan keuangan dengan sebenarbenarnya dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, apabila perusahaan yang tidak mampu mengungkapkan laporan keuangannya dengan benar atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka laporan keuangan perusahaan tersebut dapat terindikasi tidak memiliki integritas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software Eviews versi 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit berpengaruh secara simultan terhadap integritas laporan keuangan. Variabel komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komite audit secara parsial tidak memiliki berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Untuk investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan dalam mengambil keputusan berinvestasi. Sedangkan untuk perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi integritas laporan keuangan.

Kata Kunci: Corporate Governance, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, dan Integritas Laporan Keuangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0