PENGARUH UKURAN PEMERINTAH, INTERGOVERNMENTAL REVENUE, DAN OPINI AUDIT TERHADAP KINERJA KEAUNGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun 2014-2018)

Rudythia Dwitama, Sri Rahayu

Abstract

Pengelolaan keuangan pemerintah daerah sudah menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh masing-masing pemerintah daerah. Pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan kinerja keuangan pemerintah daerah yang baik, berarti pemerintah daerah sudah berhasil menjalankan otonomi daerah dengan optimal. Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah adalah gambaran pencapaian atas suatu program atau kebijakan yang telah direncanakan oleh pemerintah daerah selama periode tertentu yang dapat diukur menggunakan indikator keuangan. Kinerja Keuangan Pemerintah dapat diukur menggunakan Rasio Efisiensi dan Rasio Efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Pemerintah, Intergovernmental Revenue, dan Opini Audit secara simultan maupun secara parsial terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat tahun 2014-2018 berdasarkan Rasio Efektivitas dan Rasio Efisiensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan hipotesis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel jenuh sehingga sampel menggunakan seluruh populasi yaitu 27 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat dengan tahun penelitian 2014-2018. Sehingga sampel yang didapat yaitu 135 unit sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi statistik yaitu Eviews10. Berdasarkan hasil penelitian, Ukuran Pemerintah, Intergovernmental Revenue, dan Opini Audit secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah berdasarkan Rasio Efektivitas dan Rasio Efisiensi. Secara parsial, Ukuran Pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keaungan Pemerintah Daerah berdasarkan Rasio Efisiensi, Intergovernmental Revenue tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keaungan Pemerintah Daerah, dan Opini Audit berpengaruh negatif terhadap Kinerja Keaungan Pemerintah Daerah berdasarkan Rasio Efektivitas, sedangkan pengaruhnya terhadap Kinerja Keuangan berdasarkan Rasio Efisiensi, Opini Audit berpengaruh positif.

Kata Kunci: Ukuran Pemerintah, Intergovernmenral Revenue, Opini Audit, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Kinerja Keaungan Pemerintah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0