Efektifitas Media Cetak Internal Tabloid ‘kontak’ Sebagai Sarana Informasi Pt Kereta Api Indonesia (PERSERO)

Maria Agustina Judith Laksmitha Sari, Rana Akbari Fitriawan

Abstract

Media komunikasi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk
mempermudah dalam proses berkomunikasi. Penerbitan media korporasi/media internal atauorganisasi merupakan salah satu bentuk kegiatan komunikasi antara dua pihak yang berhubungan, yaitu antara korporasi-organisasi dan pembaca. Public Relations PT KAI (Persero) menggunakan beberapa media internal sebagai pemenuh informasi bagi karyawannya dalam bentuk cetak dan elektronik. Adapun media cetak yang digunakan yaitu buletin atau tabloid Kontak.
Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa efektif media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan informasi bagi karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di kantor pusat Bandung.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan serta menjelaskan Efektivitas Media Cetak Internal Tabloid ‘Kontak’ Sebagai Sarana Informasi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Variabel peneilitian ini adalah efektivitas media cetak terdiri dari dimensi penerima, isi, ketepatan waktu, media, format, dan sumber. Sampel berjumlah 97 orang dengan random sebagai teknik pengambilan sampling. Analisis data dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan sumber informasi intenal bagi karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di kantor pusat Bandung sudah menjadi salah satu sumber informasi yang baik bagi karyawan di PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tabloid ‘Kontak’ bisa menjadi sarana yang baik dalam penyajian informasi yang dibutuhkan karyawan dalam mencari informasi yang terbaru karena memberikan infomasi tentang apa yang terjadi perusahaan. Media cetak internal tabloid ‘Kontak’ sebagai kebutuhan informasi bagi karyawan sudah efektif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh karyawan. Secara keseluruhan variabel efektivitas media cetak internal berada pada kriteria baik.
Disarankan agar Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia dapat lebih kreatif dan inovatif lagi dalam penyajian informasi dalam yang diberikan dalam bentuk softfile agar informasi yang diberikan lebih efektif lagi serta tidak terkesan monoton atau sama saja seperti edisi sebelumnya.

Kata kunci : media internal, efektifitas, kebutuhan informasi, dimensi penerima, isi, ketepatan waktu, format, dan sumber.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0