Pengaruh Teknologi Adopsi Koran Digital (e-paper) Terhadap Perilaku Penggunaan Dengan Pendekatan Utaut (studi Pada Harian Umum Pikiran Rakyat )

Mohammed Bernoulli, Indira Rachmawati

Abstract

Kebutuhan akan informasi saat ini terus meningkat dimana masyarakat ingin mengetahui perkembangan suatu kejadian secara cepat dan instan. Perkembangan konstan pada internet dan penyebaran pertumbuhan dari penggunanya dalam tahun terakhir telah meningkatkan pencapaian dan perubahan. Fenomena ini mengatakan bahwa dimana teknologi yang berkembang seperti pesatnya penggunaan Smartphone dengan fitur super canggih dan tersedianya aplikasi yang terkoneksi dengan internet maka peralihan penggunaan ke perangkat digital akan terus berkembang dan masyarakat akan mulai masuk untuk mengadopsi era digital saat ini. Surat kabar digital merupakan media online saat ini yang banyak digunakan dimana konteksnya adalah untuk menyebarluaskan informasi di era konvergensi saat ini. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh teknologi adopsi dalam konsumsi informasi dengan pendekatan teori Unified Theory Acceptance Use Technology yang dikembangkan oleh Venkatesh daengan beberapa variabel seperti Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence,Facilitating Conditions,Website Quality dengan objek nya adalah koran digital E-Paper pikiran rakyat.

Kata Kunci : Digital Newspaper, Use Behaviour, Effort Expectancy, Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Website Quality, Structural Equation Model, UTAUT Abstract

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0