Pengaruh Nilai Informasi Laba Dan Aliran Kas Terhadap Harga Saham Dalam Kaitannya Dengan Siklus Hidup Perusahaan

Mariana Fatmasari Parhusip, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham. Perusahaan - perusahaan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki siklus hidup yang berbeda. Siklus hidup ini terdiri  dari  empat  tahap  yaitu perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan  kemunduran. Siklus  hidup  yang berbeda pada berbagai perusahaan mempengaruhi besarnya tingkat laba dan arus kas yang dihasilkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan data keuangan dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari periode 2003-2013.

Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Variabel laba, aliran kas operasi, aliran kas investasi  dan  aliran  kas  pendanaan sebagai  variabel  independen sedangkan  harga  saham  sebagai  variabel dependen. Penelitian ini juga melakukan pengujian hipotesis yang terdiri dari pengujian simultan dan pengujian parsial. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 5%.

Penelitian ini menemukan bahwa harga saham pada perusahaan di tahap perkenalan tidak dipengaruhi oleh laba dan arus kas. Dalam tahap pertumbuhan, harga saham dipengaruhi oleh laba dan arus kas operasi. Pada tahap kedewasaan, harga saham dipengaruhi oleh laba. Pada tahap akhir yaitu tahap kemunduran, harga saham dipengaruhi oleh arus kas dari aktivitas investasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti bahwa siklus hidup perusahaan memiliki pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0