Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Modifikasi Going Concern ( Studi Pada Perusahaan Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2013)

Aldy Ariesetiawan, Sri Rahayu

Abstract

Going concern adalah asumsi dalam akuntansi yang memperkirakan suatu entitas bisnis akan berlanjut dalam jangka waktu panjang dan tidak akan dilikuidasi dalam jangka waktu pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan opini audit modifikasi going concern melalui beberapa faktor yaitu,profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan.

Penelitian ini menggunakan perusahaan sektror transportasi yang listing di Bursa Efek Indonesia antara tahun

2009 - 2013 sebagai sampel. Populasi penelitian ini sebanyak 30 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 8 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling, dengan periode pengamatan 5 tahun. Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel adalah metode regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaanberpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern. Secara parsial variabel profitabilitas dan likuiditasberpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern. Sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit modifikasi going concern. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0