Pengaruh Debt To Equity Ratio (Der), Price To Book Value (Pbv), Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Return Saham Pada Sektor Industri Dasar Dan Kimia Pada Periode 2010 - 2013

Rose Mery Christin Gurning, Farida Titik Kristanti

Abstract

Return saham menurut adalah merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Return dapat berupa return realisasi   yang sudah terjadi atau return ekspetasi yang belum terjadi tetapi yang diharapkan akan terjadi di masa mendatang.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Debt to Equity Ratio (DER), Price to Book Value (PBV), dan Return on Asset (ROA) sebagai variabel independen serta return saham sebagai variabel dependen.

Penelitian  ini  tergolong  ke  dalam  jenis  penelitian  deskriptif  verikatif bersifat kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 – 2013 yang terdiri dari 51 perusahaan,  dengan pemilihan sampel menggunakan  purposive  sampling didapatkan  sampel  sebanyak   38  perusahaan.  Teknis  analisis  data  yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan DER,PBV, dan ROA berpengaruh tidak signifikan terhadap return saham, dengan nilai R-Square sebesar 0.097681 atau 9,77% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam model. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara parsial DER berpengaruh signifikan terhadap return saham, sedangkan PBV dan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0