Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Praktik Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)

Nastiti Rizky Shiyammurti, Andry Arifian Rachman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh struktur kepemilikan dan praktik Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Manajemen laba merupakan rekayasa pelaporan keuangan dalam batas–batas tertentu yang tidak melanggar standar pelaporan keuangan. Hal ini dilakukan oleh manajemen dengan memanfaatkan wewenangnya dalam memilih metode akuntansi yang diizinkan oleh standar. Manajer memiliki fleksibilitas dalam memilih metode maupun kebijakan akuntansi dari berbagai alternatif metode dan kebijakan yang ada. Manajemen banyak memanfaatkan standar pelaporan keuangan dengan cara menerapkan standar yang dipercepat pengadopsiannya.

Populasi penelitian ini adalah Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang diolah adalah data sekunder melalui survey menggunakan laporan keuangan dan Annual Report perusahaan farmasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan data panel untuk mendeskripsikan data, serta uji Lagrange Multiplier untuk menguji hipotesis yang diajukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel struktur kepemilikan dan  praktik Good Corporate Governance tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Secara parsial, variabel struktur kepemilikan dan  praktik Good Corporate Governance tidak memiliki pengaruh signifikan manajemen laba

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0