Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Implementasi Sistem Akuntansi Instansi, Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (studi Kasus Pada Satuan Kerja Di Lingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia)

Juliani Cahya Kartika, Eddy Budiono

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, implementasi sistem akuntansi instansi dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pada satuan kerja dilingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang telah dibagikan kepada beberapa responden. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi/ keuangan pada satuan kerja unit organisasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Tehnik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis serta didahului dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi sumber daya manusia, implementasi sistem akuntansi instansi dan sistem pengendalian intern pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Secara parsial kompetensi sumber daya manusia, dan implementasi sistem akuntansi instansi tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan sistem pengendalian intern pemerintah memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Berdasarkan pengujian kontribusi secara simultan dipengaruhi oleh variabel-variabel bebas (R2 ) sebesar 53,5% dan sisanya sebesar 46,5% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : kompetensi sumber daya manusia, implementasi sistem akuntansi instansi, sistem pengendalian intern pemerintah, dan kualitas laporan keuangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0