Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay (studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Rahmad Fauzi, Leny Suzan

Abstract

Salah satu karakteristik kualitatif dalam penyampaian laporan keuangan adalah relevan, yang perwujudannya dapat dilihat dari ketepatwaktuan pelaporan. Ketepatwaktuan ini dapat dilihat dari Audit Delay , yaitu jangka waktu antara tanggal tutup buku hingga tanggal laporan auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran KAP terhadap Audit Delay pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Data yang dipakai merupakan data sekunder, yakni laporan keuangan 27 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2013. Guna membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa semua variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ada 1 dari 3 faktor yang berpengaruh terhadap audit delay , yakni faktor Ukuran Perusahaan.

Kata Kunci : Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran KAP, Faktor-Faktor Yang Berpengaruh terhadap Audit Delay .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0