Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (studi Pada Perbankan Milik Pemerintah Dan Swasta Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013)

Luthfilia Desy Fitriani, Dini Wahjoe Hapsari

Abstract

Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan perbankan terutama saat krisis ekonomi terjadi, Return on Assets (ROA) merupakan salah satu rasio untuk pengukuran kinerja keuangan. Dimana ROA didefinisikan sebagai efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memanfaatkan aktiva yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) terhadap Return on Assets (ROA) baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 42 data pengamatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan metode random effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) dan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Secara parsial ukuran Dewan Direksi berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Assets (ROA), sedangkan ukuran Komisaris Independen, ukuran Komite Audit, dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA).

Kata Kunci : Kinerja Keuangan Perusahaan, Return on Assets, Tata Kelola Perusahaan, Komisaris Independen, Dewan Direksi, Komite Audit, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0