Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (Rts) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem (Studi Kasus Pada Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung)

Luqman Habieb Prasojo, Dudi Pratomo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi model Kesuksesan Sistem Informasi yang telah dirancang oleh DeLone dan McLean (2003) dengan mengambil beberapa dimensi atau variabel yang diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan aplikasi Rail Ticket System (RTS) terhadap kepuasan penguna (Studi Kasus pada PT.Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah petugas loket dan pegawai customer service sebagai pengguna aplikasi RTS yang paling sering berinteraksi langsung dengan aplikasi RTS. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode judgement sampling, dengan kriteria pendidikan minimal SMA dan telah menempuh masa kerja minimal satu tahun. Jumlah sampel yang telah memenuhi syarat sebesar 39 orang responden.

Metode  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  menggunakan  model  regresi  linier berganda yang telah melewati empat pengujian asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas,  dan  uji  autokorelasi.  Sebelum  keempat  pengujian  tersebut,  seluruh  hasil  kuesioner  dari responden telah dinyatakan valid dan reliabel. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh variabel kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna melalui pengujian simultan (uji F) dan pengujian parsial (uji t)

Hasil   penelitian   membuktikan   bahwa   kualitas  informasi,   kualitas  sistem,  dan  kualitas   layanan berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan  pengguna  secara  simultan,  serta  membuktikan  bahwa  kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0