Pengaruh Pemeriksaan Pajak Dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ciamis Tahun Anggaran 2009-2013)

Wildaniashri Wildaniashri, Dudi Pratomo

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat penting dan bersifat strategis karena mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembangunan nasional. Untuk mencapai penerimaan pajak yang optimal, negara perlu melaksanakan berbagai upaya melalui pemeriksaan pajak dan penagihan dengan surat paksa. Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  pemeriksaan  pajak  dan  surat  paksa  terhadap  penerimaan  pajak penghasilan di KPP Pratama Ciamis.

Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan Metode Deskriptif Verifikatif. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Ciamis. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data yang diambil adalah 5 tahun dari tahun 2009 sampai tahun 2013 dengan periode triwulan. Teknis Analisis Data yang dipakai yaitu Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Koefisien Determinasi, Regresi Linier Berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pemeriksaan Pajak dan Surat Paksa berpengaruh secara simultan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan dengan tingkat koefisien determinasi 43,1%. Secara parsial surat paksa berpengaruh  secara  parsial  terhadap  penerimaan  pajak  penghasilan,  sedangkan  pemeriksaan  pa jak  tidak berpengaruh secara parsial terhadap penerimaan pajak penghasilan. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0