Pengaruh Partisipasi Pengguna Sistem Informasi Dan Kemampuan Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (studi Pada Karyawan Pengguna Sistem Ap2t Pt.pln (persero) Distribusi Jawa Barat Dan Banten)

Sarah Aulia Rahmawati, Dudi Pratomo

Abstract

Partisipasi pengguna sistem dan kemampuan pengguna sistem dalam pengembangan kinerja sistem informasi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap suksesnya sebuah sistem. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dirancang untuk mengatur arus dan pengelolaan data akuntansi dalam perusahaan sehingga bermanfaat dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan bagi pihak manajemen maupun pihak diluar perusahaan. Studi dilakukan di perusahaan listrik negara PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, dengan jumlah sample sebanyak 35 responden, teknik penentuan sample adalah Non Probability Sampling (teknik sample jenuh) . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Data analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS 20.0 dan 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial partisipasi pengguna sistem informasi dan kemampuan pengguna sistem informasi berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi di PT. PLN (Persero) DJBB. Sedangkan secara simultan, partisipasi pengguna sistem informasi dan kemampuan pengguna sistem informasi juga memili pengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi di PT. PLN (Persero) DJBB. Walaupun besarnya pengaruh hanya 33,9% dan sisanya 66,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: partisipasi pengguna sistem informasi, kemampuan pengguna sistem informasi, kinerja sistem informasi akuntansi, sistem informasi akuntansi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0