Analisis Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Lq 45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012

Adiatma Banau Hadi, Willy Sri Yuliandhari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Book Value per Share, Return on Assets, dan Debt to Equity Ratio sebagai variabel independen dan harga saham sebagai variabel dependen.

Data  yang dianalisis penelitian ini  tergolong ke  dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sebanyak 24 sampel perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R²) benilai sebesar

 29.61% sedangkan sisanya sebesar 70.39% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian.

Book Value per Share, Return on Assets dan Debt to Equity Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil analisis secara parsial faktor fundamental hanya Book Value Per Share (BVS) yang memiliki pengaruh positif terhadap harga saham perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatife terhadap harga saham perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0