Pengaruh Pergantian Ceo Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Termasuk Dalam Indeks Lq 45 Periode

Ni Wayan Kustami, Brady Rikumahu

Abstract

Pola perilaku harga saham menentukan pola return yang diterima dari saham tersebut. Harga saham tidak hanya dipengaruhi profit perusahaan semata melainkan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pergantian pimpinan perusahaan (CEO). Pengumuman pergantian CEO adalah salah satu corporate action yang dilakukan oleh intern emiten. Reaksi pasar dapat ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dari sekuritas yang bersangkutan yang dapat diukur dengan abnormal return. Abnormal return diperoleh dengan market adjusted model dengan periode pengamatan 5 hari sebelum peristiwa dan 5 hari sesudah peristiwa.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh pengumuman pergantian CEO terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih dengan  menggunakan purposive sampling method  dan  diperoleh 12  sampel  selama  periode  2007  -  2012. Penelitian ini menggunakan metode event study. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, yaitu dengan membandingkan t-hitung dengan t-table.

Hasil  penelitian ini  menujukkan bahwa  pasar  tidak  bereaksi terhadap  pengumuman pergantian CEO. Pengujian hipotesis dengan uji t memperoleh hasil yang tidak signifikan selama periode penelitian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0