Evaluasi Model Bisnis Pada Cv. Spirit Wira Utama Dengan Pendekatan Business Model Canvas

Anggadha Kukuh Dewantoro, Dodie Tricahyono, HA. Romadhon

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, jumlah penduduk di kota-kota besar mengalami peningkatan tiap tahunnya. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada menyempitnya lahan khususnya lahan pertanian. Selain itu, tingginya permintaan sayur oleh masyarakat makin mempersulit keadaan terkait penyempitan lahan akibat pembangunan. Dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada, bercocok tanam dengan metode hidroponik dapat dijadikan solusi bagi ketahanan pangan dalam hal ini yaitu konsumsi sayur dan buah. Pasar sayuran dalam hal ini sayuran hidroponik terus mengalami pertumbuhan hingga 20% tiap tahunnya dengan pemain kunci yang bisa dikatakan masih sedikit. Maka dari itu, perlu adanya formulasi strategi yang matang untuk mengatasi permasalahan serta dalam melakukan pengembangan. Dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas dan analisis SWOT dapat memberikan alternatif rancangan model bisnis yang baru untuk menghadapi pesaing dan memaksimalkan pendapatan.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan tujuan deskriptif yang bersifat induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ditujukan kepada empat narasumber sebagai informan, serta data sekunder.

Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh gambaran Sembilan blok bangunan Business Model Canvas saat ini dari Kebun Hidroponik’koe. Evaluasi dari hasil wawancara mengenai SWOT dengan menggunakan Teknik analisis SWOT menunjukan bahwa Kebun Hidroponik’koe memiliki kekuatan dan kelemahan. Selain itu, memiliki banyak peluang dan beberapa ancaman yang perlu dihadapi. Dari hasil evaluasi sengan analisis SWOT dapat disusun alternatif formulasi strategi sebagai penyempurnaan Business Model Canvas yang ada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0