Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Sherina Munaf Pada Iklan Advan Vandroid S5-F Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Masyarakat Umum Kota Bandung 2014 )

Aldy Alfarazy, R. Nurafni Rubiyanti

Abstract

Terdapat suatu  bentuk  hal  menarik  dalam  penggunaan celebrity  endorser  yang  digunakan  oleh  suatu perusahaan dalam segi persaingan bisnis di dalam penyampaian informasi dengan cara bentuk media iklan yang disiarkan di Televisi yang bertujuan untuk menarik (calon) konsumen dalam segi minat beli. Dalam menghadapi persaingan yang terjadi maka Advan memutuskan untuk menggunakan celebrity endorser yaitu Sherina Munaf. Kehadiran Sherina sebagai endorser diharapkan memberikan pengaruh baik  ke kepada produk yang dilahirkan oleh Advan.

Para pemasang iklan dengan bangga menggunakan kaum selebriti di dalam periklanan karena selebriti memiliki atribut populer, seringkali merupakan pemikat yang diinginkan untuk merek-merek yang didukung [1]. Minat beli adalah motif para pelanggan untuk mengadopsi produk baru dan mengembangkan loyalitas terhadapnya mereka harus menyadari keberadaan produk tersebut dan termotivasi untuk membelinya [2].

Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana,   analisis regresi linier sederhana digunakan untuk memprediksi pengaruh satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat.

Persepsi  konsumen  terhadap  Celebrity  Endorser  Sherina  Munaf,  masuk  ke  dalam  dengan  persentase 70,94%, dan hasil respon pelanggan dalam  variabel minat beli dengan persentase 69.56%. Celebrity endorser terhadap minat beli konsumen memiliki tingkatan pengaruh yang kuat dengan nilai koefisien determinasi 39,4%.

Variabel Celebrity endorser dan minat beli termasuk ke dalam kategori baik dan memiliki pengaruh yang

kuat. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0