PENGARUH ENZY STORIA SEBAGAI INFLUENCER DI INSTAGRAM TERHADAP KESADARAN MEREK ERIGO APPAREL

Authors

  • Syadza Zahira Telkom University
  • Dedi Kurnia Syah Putra Telkom University

Abstract

Perkembangan dunia maya yang sudah semakin maju, telah menciptakan suatu ekosistem yang baru pula. Di mana dahulu kita mengenal nya artis namun dengan perkembangan media sosial yang ada sekarang memiliki istilah yang baru yaitu influencer. Maka dari itu Instagram menjadi sebuah platform awal terlahirnya seorang influencer atau selebgram yang mampu mempengaruhi seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatf dengan metode survey dan paradigma positivis, Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling sebanyak 100 responden. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) terdapat pengaruh Enzy Storia sebagai Influencer di Instagram terhadap Kesadaran Merek Erigo Apparel. Memiliki hasil hitung sebesar 3.395 yang artinya lebih besar dari nilai t tabel 1.660. sehingga Ho yang menyatakan Enzy Storia sebagai influencer tidak memiliki pengaruh terhadap kesadaran merek Erigo Apparel di tolak dan Ha yang menyatakan ada nya pengaruh Enzy Storia sebagai influencer terhadap kesadaran merek Erigo Apparel di terima. Kesimpulan penelitian ini, Enzy Storia memiliki pengarub terhadap kesadaran merek Erigo Apparel dan Karakteristik responden yang memiliki persentase paling tinggi adalah perempuan dengan umur 18-25 tahun dan status seorang mahasiswa.

Kata Kunci-influencer, enzy storia, kesadaran merek, instagram, erigo apparel.

References

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.

Bimo, H., & Nuringtyas, W. (2020). Strategi Peningkatan Brand Awareness Yang Dilakukan Oleh Le Minerale Selama Masa Pandemi Covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168-177.

Kadekova, Z., & Holiencinova, M. (2018). Influencer Marketing As A Modern Phenomenon Creating A New Frontier Of Virtual Opportunities. Communication Today, 9(2), 90-105.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. Denpasar: Udayana University.

Putri, & Eka, D. (2021). Brand Marketing. Bandung: Widina Media Utama.

Sch__ffer, U. (2020). Levers of Organizational Resilience. Controlling & Management Review, 64, 8-19.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundaro, H. (2022). Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. MODUL, 22(1), 21-30.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Digital Public Relations