Analisis Kolaborasi Pihak Dosen Tetap Dengan Lppm Serta Bagian Keuangan Universitas Telkom Dalam Penggantian Dana Penelitian Menggunakan Drama Theory (studi Kasus Pada Dosen Tetap Fakultas Komunikasi Dan Bisnis)

Ahmad Dani Fauzi, Devilia Sari

Abstract

Kolaborasi merupakan sebuah proses dimana beberapa orang maupun organisasi dengan perbedaan kepentingan dapat saling berbagi pengetahuan dalam pembuatan keputusan untuk meningkatkan kinerja bersama. Dalam pencapaiannya, seringkali terjadi konflik strategi yang diakibatkan oleh keterlibatan pilihan-pilihan yang diajukan oleh dua atau lebih pihak yang terlibat dengan tujuan yang berbeda. Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai proses penggantian pembiayaan penelitian bagi dosen tetap Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom yang juga melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan bagian keuangan Universitas Telkom, mencari akar masalah, dan memberikan solusi bagaimana jalan terbaik untuk seluruh pihak yang terlibat. Dalam masalah ini, teori drama digunakan sebagai pendekatan dalam pemodelan, analisis, dan pemahaman konflik strategi. Hasilnya adalah berupa dilema yang terjadi pada pihak-pihak yang terlibat, yakni dosen tetap, LPPM, dan bagian keuangan. Sejumlah dilema tersebut diantaranya adalah trust dilemma, rejection dilemma, dan cooperation dilemma.

Kata Kunci: Kolaborasi, Teori Drama, Dilema, Penggantian Pembiayaan Penelitian, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0