Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Dewan Komisaris Independen Dan Ukuran Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility

Muhammad Restu, Willy Sri Yuliandari, Annisa Nurbaiti

Abstract

Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya yang berkaitan dengan sumberdaya alam wajib melaksanakan kegiatan tanggungjawab sosial dan lingkungan. Dengan adanya kewajiban perusahaan dalam melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility, perusahaan diharapkan mampu dalam melakukan pengungkapan tanggungjawab sosial sebagai bentuk transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas perusahaan kepada investor dan stakeholder lainnya. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen dan ukuran komite audit terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Obyek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan BUMNyang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2013-2016.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 10 perusahaan dari Indeks SRI-KEHATI yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2013-2016.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9.5, secara simultan variabel independen yang terdiri dari profitabilitas, leverage, dan kepemilikan saham publik memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa leverage dan kepemilikan saham publik memiliki pengaruh signifikan kearah negatif, sedangkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci : ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit, Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0