Perancangan Infografis Sebagai Alternatif Bentuk Nilai Mahasiswa (Studi Pada Mata Kuliah Universitas Telkom, Eksperimen: Mata Kuliah Entrepreneurship Prodi Adbis)

Ikhwan August Star Hanif, Andry Alamsyah, Yahya Peranginangin

Abstract

Penilaian hasil pembelajaran mahasiswa adalah hal yang biasa dilakukan oleh seroang dosen atau staf pengajar. Nilai tersebut menjadi ukuran keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran suatu mata kuliah baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Pada umumnya bentuk dari nilai adalah data statistik yang ditampilkan dalam bentuk tabel. Nilai matakuliah di Telkom University ditunjukan dengan standar nilai A, AB, B, BC, C, D, E, dan T. Nilai tersebut sering kali berupa data statistik. Maka diperlukan merubahnya menjadi visual dalam hal ini berbentuk infografis dengan memilih mata kuliah eksperimen Entrepreneurship Prodi Administrasi Bisnis, Fakukultas Komunikasi Bisnis, Telkom University. MOOC (Masive Open Online Course) merupakan metode pembelajaran online yang mengandalkan konten digital sebagai media pembelajaran. Jumlah user atau pelajar pada MOOC bisa mencapai ratusan, ribuan, hingga ratusan ribu. Jumlah yang banyak ini akan membutuhkan manajemen konten yang optimal.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif studi kasus. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu snowball sampling. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini ialah lewat wawancara, studi literatur, dan analisis konten dokumen.

Hasil penelitian ini adalah mengetahui konten atau item infografis apa yang ditampilkan sebagai alternatif bentuk nilai mahasiswa. Selain itu juga membahas bagaimana memilih grafis fisual berdasarkan jenis data yang digunakan untuk menilai mahasiswa. Selanjutnya penelitian ini juga menghasilkan kerangka kerja atau framework untuk membuat infografis sebagai alternatif bentuk nilai mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0