PERANCANGAN SISTEM PENGATURAN SPIN DAN KECEPATAN BOLA UNTUK ROBOT PELONTAR BOLA TENIS MEJA

Adityo Wandasa Dharma P, Muhammad Zakiyullah Romdlony, Agung Surya Wibowo

Abstract

Dalam olahraga tenis meja, banyak orang berlatih dengan manual seperti berlatih bersama satu lawan satu. Metode ini dibilang kurang efektif karena menguras tenaga seorang pelatih yang melatih pemainnya, juga pukulan dari pelatih tenis meja akan menurun akurasinya jika sedang melatih dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu dibutuhkan alat yang dapat melontarkan bola ping-pong yang dapat menghasilkan kecepatan dan spin tembakan yang dapat diatur seperti robot pelontar bola ping-pong. Penelitian untuk membuat robot yang dapat menghasilkan kecepatan dan spin tembakan yang dapat diatur memiliki beberapa langkah prosedural untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti proses mencari informasi yang dibutuhkan, uji coba, dan implementasi. Robot pelontar bola ping-pong akan dikendalikan secara wireless menggunakan aplikasi android dimana aplikasi ini dapat mengatur kecepatan dan putaran spin bola ping-pong yang ditembakkan oleh robot. Untuk pengaturan kecepatan dan spin nya tersendiri akan memiliki sistem kendali yang akan menjaga kecepatan dan spin tembakan bola ping-pong yang diinginkan. Periode tembakan bola yang dihasilkan akan diatur menggunakan servo analog dengan delay yang telah ditentukan.

Hasil yang diharapkan untuk dicapai adalah dapat menghasilkan robot pelontar bola ping-pong dengan kecepatan, periode, dan spin tembakannya dapat diatur melalui aplikasi android. Kecepatan tembakan yang dapat dihasilkan sekitar 2-20 m/s, jenis spin yang dihasilkan ada dua yaitu topspin dan  backspin, serta dapat melontarkan 40-70 bola /menit.

 

Kata Kunci — Tenis meja, spin bola ping-pong, aplikasi android, tembakan periodik, kecepatan bola, robot tenis meja

Full Text:

PDF

References

Nabila, Arin. “Tenis Meja yang Tak Seberuntung BuluTangkis”. https://bola.kompas.com/read/2018/08/14/22030088/tenis-meja-yang-tak-seberuntung-bulu-tangkis. 2018 (25 November 2019).

Citra R, Adysha. “Mengintip Kecanggihan Robot Ping-Pong Omron Terbaru”. https://trendtek.republika.co.id/berita/oeikhu359/mengintip-kecanggihan-robot-pingpong-omron-terbaru. 2016 (26 November 2019).

Syarifatunnisa, dkk. “PENGEMBANGAN TEKNOLOGI ALAT PELONTAR BOLA TENIS MEJA BERBASIS MICROCONTROLER” Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan 2017, Volume 02 (hlm 51-55)”. 2017.

Rachman, Imaniar. “Pengembangan Alat Pelontar Bola Tenis Meja (Robodrill IR-2016) untuk Latihan Drill Teknik Pukulan Drive dan Spin”. Jawa Tengah:SMP PGRI 9 Pemalang. 2017.

Suwanto, T, dkk. “APLIKASI KONTROL SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN BLUETOOTH PADA SMARTPHONE ANDROID”. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Volume 15 (hlm. 133-138)”. 2016.

Kadir, Abdul. “Wireless Programming untuk Arduino”. Yogyakarta: ANDI, 2018

Siallagan, Victor. "PERANCANGAN PEMBANGKIT TENAGA SURYA DENGAN PENGARAH SINAR MATAHARI OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO”. Sigma Teknika, Volume 2 (hlm. 233-241)", 2019

Nuwolo, A, Adhi. 2014. “PENGENDALI POSISI MOTOR DC DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT LOCUS”Media Elektrika, Volume 7 (hlm. 16-22)”, 2014.

Royan, A, Luqman. “APLIKASI MOTOR DC-SHUNT UNTUK LABORATORY SHAKER MENGGUNAKAN METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32” Jurnal Hasil Riset, Vol 8 (hal. 32-50)”, 2015

Kusna, Nico F, dkk. "Rancang Bangun Pengenalan Modul Sensor Dengan Konfigurasi Otomatis Berbasis Komunikasi I2C” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 2 (hlm 3200-3209)", 2018

Sulistyo, Eko. "RANCANG BANGUN ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN KOMUNIKASI I2C". Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0