PERANCANGAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN PRODUK HARD TOOLS UNTUK MENGATASI OVERSTOCK DENGAN METODE PERIODIC REVIEW (R, s, S) DI PT SINGA MAS MANDIRI

Authors

  • Michael Samuel Simatupang Telkom University
  • Luciana Andrawin Telkom University
  • Femi Yulianti Telkom University

Abstract

PT Singa Mas Mandiri merupakan perusahaan importir yang bergerak dalam bidang penjualan hard tools yang termasuk ke dalam kategori durable goods. Perusahan tersebut mendistribusikan produk-produk ke beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Salah satu merek yang dikelola yaitu Linz, dimana merk tersebut mengalami overstock. Permasalahan overstock yang ada menyebabkan tingginya biaya persediaan pada perusahaan.  Melalui penelitian ini dilakukan perancangan terintegrasi berupa kebijakan persediaan periodic review (R, s, S). Pada kebijakan ini terdapat parameter yang ditentukan seperti review interval (R), reorder point (s) dan maksimum persediaan (S). Penentuan tersebut didapat melalui perhitungan dimana (R) dengan menggunakan metode Hadley-Within dan (s,S) dengan menggunakan metode Power Approximation. Melalui kedua perhitungan tersebut maka didapatkan parameter yang optimal yang menghasilkan biaya persediaan paling minimum. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kebijakan persediaan usulan  periodic review (R, s, S) dapat mengatasi kondisi overstock yang dialami PT Singa Mas Mandiri.

Kata kunci : Durable Goods, Periodic Review, Persediaan, Reorder Point, Overstock

References

E. A. Silver, D. F. Pyke, and D. J. Thomas, Inventory and Production Management in Supply Chains. 2016.

S. N. Bahagia, Sistem Inventori. Bandung: ITB PRESS, 2014.

D. K. Dhoka, “‘XYZ’ Inventory Classification & Challenges,” IOSR J. Econ. Financ., vol. 2, no. 2, pp. 23–26, 2013, doi: 10.9790/5933-0222326.

Pandya Shiv Nareshchandra, “Inventory Categorization Techniques for Effective Inventory Management,” J. Emerg. Technol. Innov. Res., vol. 6, no. 1, pp. 689–700, 2019, [Online]. Available: www.jetir.org.

AICPA, “ABC XYZ Inventory Management,” 2021. https://www.cgma.org/resources/tools/cost-transformation-model/abc-xyz-inventorymanagement.html (accessed Aug. 04, 2021).

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles