APLIKASI AKTIVITAS KEMAHASISWAAN BERBASIS MOBILE BAGI MAHASISWA S1 TEKNIK KOMPUTER UNIVERSITAS TELKOM

Authors

  • Pandu Ing Zaref Telkom University
  • Meta Kallista Telkom University
  • Ashri Dinimaharawati Telkom University

Abstract

Aplikasi penghitung poin penerimaan sertifikat di kampus adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang dirancang menggunakan teknologi React Native. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menghitung perolehan poin yang diperoleh dari berbagai aktivitas di kampus yang nantinya akan digunakan saat penerimaan sertifikat. Poin yang diperoleh oleh mahasiswa merupakan penilaian terhadap partisipasi dan kinerja mereka dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh kampus, seperti seminar, lomba, atau kegiatan sosial. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengelolaan data aktivitas mahasiswa dan pengaturan kategori aktivitas. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan research di kampus untuk mengetahui kebutuhan mereka terhadap aplikasi penghitung poin. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dirancanglah aplikasi yang memiliki antarmuka yang user-friendly dan mudah digunakan, serta dapat membantu mahasiswa menghitung perolehan poin mereka secara efektif. Pada tahap perancangan, dibuatlah diagram alir data dan diagram alir aplikasi untuk memudahkan pengembangan aplikasi. Implementasi dilakukan dengan menggunakan teknologi React Native. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian fungsionalitas dan performa aplikasi. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu berjalan dengan baik dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam menghitung perolehan poin mereka. Aplikasi ini dapat diakses di perangkat mobile Android dan IOS, Diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memantau perolehan poin mereka dan meningkatkan motivasi untuk mengikuti berbagai aktivitas di kampus. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu pihak kampus dalam mengelola data aktivitas mahasiswa dan memudahkan proses penerimaan sertifikat di kampus.

 

Kata Kunci: mobile Android, IOS, sertifikat, React Native

References

Salsabila, S. (2023, maret). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SERTIFIKAT DAN KREDIT POIN MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 40.

[3] [4] Wiley Publishing, Inc. (2010). Beginning JavaScript. In 4th Edition (4th ed., p. 1). Wiley Publishing, Inc.

[16] Setiawan, M. O. (2020, Februari). PENGEMBANGAN FITUR PENGAJUAN POIN NON AKADEMIK MAHASISWA DI SISTEM AKADEMIK MAHASISWA STIKOM PGRI BANYUWANGI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 136.

[7] Mengenal Apa itu Framework JavaScript: Kelebihan, Kekurangan, Dan Cara Kerja - IDMETAFORA. (2022, October 12). idmetafora. Retrieved Maret 14, 2023, from https://idmetafora.com/news/read/1963/Menge nal-Apa-itu-Framework-JavaScript-Kelebihan- Kekurangan-Dan-Cara-Kerja.html

(n.d.). Node.js. Retrieved May 14, 2023, from https://nodejs.org/en

The History of Node.js | Engineering Education (EngEd) Program. (2020, August 25). Section.io. Retrieved Maret 12, 2023, from https://www.section.io/engineering- education/history-of-nodejs/

Metropolia University of Applied Sciences. (2018, Maret 01). React Native vs Flutter, cross-platform mobile application frameworks. Bachelor of Engineering Information Technology Thesis, 1(1), 2-3.

[12][13]Linkopings University & Danielsson, W. (2016). React Native application development - A comparison between native Android and React Native. 10-12.

Twarog, A. (2021, June 21). What is Figma? A Design Crash Course [2021 Tutorial]. freeCodeCamp. Retrieved May 14, 2023, from https://www.freecodecamp.org/news/figma- crash-course/

Salsabila, W. (2022). Rancangan Aplikasi Pengelolaan Event, Pemesanan E-Tiket dan E-Sertifikat di Politeknik Negeri Sriwijaya. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Downloads

Published

2024-04-30 — Updated on 2024-05-08

Versions