Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kruisnode Piano House (Kruisnode) Bandung (Jalan Cihapit 34 Bandung, Jawa Barat)

Merina Sekar Putri Satriani, Fetty Poerwita Sary

Abstract

Sumber daya manusia adalah aspek terpenting dalam mencapai tujuan organisasi, salah satu hal yang menjamin  kelangsungan  hidup  organisasi  agar  dapat  berjalan  lancar  adalah  pegawai-pegawai  yang memiliki kinerja optimal.  Faktor-faktor  yang  dapat  memengaruhi kinerja,  antara lain  kepuasan  kerja, komitmen organisasional, kepemimpinan, keamanan, keselamatan kerja, dan budaya organisasi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pegawai mengenai budaya organisasi, tingkat kinerja pegawai, dan seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di Kruisnode Piano House (Kruinode) Bandung.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian kausal, yaitu menentukan hubungan sebab-akibat antara variabel Budaya Organisasi (X) terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y). Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke 50 pegawai Kruisnode. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan persamaan regresi linier sederhana. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata persentase budaya organisasi sebesar  78,69% dengan kategori kuat  dan persentase kinerja pegawai sebesar 78,38% dengan kategori tinggi. Sementara persamaan regresi linier sederhana menyatakan bahwa budaya organisasi memengaruhi kinerja pegawai secara positif. Terdapat pengaruh sebesar 18,50% antara budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, sedangkan 81,50,% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0