DESAIN PROTOTIPE ALAT PRODUKSI BIOGAS BERBAHAN DASAR LIMBAH ORGANIK DENGAN MONITORING

Penulis

  • Muhammad Lukman Hakim Telkom University
  • Ekki Kurniawan Telkom University
  • jJangkung Raharjo Telkom University

Kata Kunci:

instalasi, pengkabelan, perancangan sistem, monitoring berbasis sensor

Abstrak

Penelitian ini membahas perancangan sistem instalasi dan pengkabelan yang efisien untuk aplikasi produksi biogas dari limbah organik. Biogas, sebagai sumber energi berkelanjutan, telah mendapatkan perhatian yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengembangkan solusi yang dapat meningkatkan efisiensi produksi biogas dengan mempertimbangkan aspek instalasi yang tepat dan pengkabelan yang handal. Dalam penelitian ini, tahap perancangan mencakup pemilihan komponen utama, seperti reaktor biogas, pengaduk, pemanas, dan sistem pemantauan. Instalasi yang optimal dari komponen-komponen ini menjadi aspek penting dalam mencapai produksi biogas yang konsisten dan efisien. Selain itu, tata letak pengkabelan yang baik dan aman menjadi pertimbangan esensial untuk mengurangi gangguan dan risiko kegagalan sistem. Metode simulasi komputer digunakan untuk menganalisis kinerja sistem instalasi dan pengkabelan yang diusulkan. Hasil simulasi menggambarkan distribusi aliran gas yang optimal, suhu yang sesuai, dan efisiensi keseluruhan yang ditingkatkan. Selain itu, pendekatan pemantauan berbasis sensor dikembangkan untuk memonitor kondisi operasional sistem secara real-time. Pada perancangan ini dapat diimplementasikan pada aplikasi produksi biogas dari limbah organik. Diharapkan bahwa solusi ini dapat memberikan kontribusi pada perkembangan teknologi biogas yang berkelanjutan dengan mengoptimalkan aspek instalasi dan pengkabelan secara holistik.

Kata Kunci : instalasi, pengkabelan, perancangan sistem, monitoring berbasis sensor.

Referensi

Raharjo, Ahmad. 2016. "Definisi Internet of Thing"https://teknojurnal.com/definis i-internet-of-things/(diakses pada

tanggal 14 April 2018)

Banjari, Muhammad Arsyad Al. 2017. "Desain Dan Implementasi Smart Home Berbasis WiFi". Banjarmasin: Jurnal AI Ulum Sains dan Teknologi.

Adityawarman A.C, Salundik dan Lucia C. "Pengolahan Limbah Ternak Sapi Secara Sederhana di Desa Pattalassang Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan".

Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan 3, no. 3 (2015)

Anisa, Ona. "Rencana Bangun Pengukuran Kadar Gas Metana pada Lahan Gambur Menggunakan SMS Gateway dan Sensor MQ-4 Berbasis Mikrokontroler". Skripsi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya. 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30 — Diperbaharui pada 2024-05-20

Versi

Terbitan

Bagian

Articles